Monday, May 8, 2017

Cara Mencari Dan Menentukan Sebuah Niche Untuk Blogger Pemula

Apasih niche itu?



kenapa setiap pemula yang mau belajar dan menjadi blogger harus menentukan niche agar mudah dalam membuat artikel yang akan mengisi setiap halaman blognya? 

Begitu pentingkah niche dalam menentukan arah sebuah blog? 
Mari kita pelajari tentang niche yang sebenarnya dan apa manfaatnya. 

Niche adalah suatu frase kata atau inti dari sebuah topik atau subyak bahasan tertentu yang akan diungkap untuk menentukan arah dan tujuan dari target pasar yang populer, serta diminati oleh kalangan ramai.

Niche bisa anda temukan bila saja anda memang tertarik pada sebuah hal yang unik, dan anda sendiri menikmatinya saat anda mempelajari semua lingkup dari hal tersebut. 

Dan sebenarnya konsep dasar dalam menentukan dan memilih niche yang memang anda butuhkan, bisa dengan browsing berbagai hal sampai anda benar-benar menemukan sebuah hal yang menarik atau dirasa itu sangat pas dengan kemampuan pengetahuan anda sendiri tantang hal itu.

Jika anda sudah menemukan niche, maka dengan mudah mengembangkannya menjadi sebuah blog dengan konten-konten yang menarik, karena anda pasti juga menikmati kemampuan menulis anda. Dan dengan mudah anda akan mengembangkan niche tersebut menjadi sebuah blog yang isinya penuh dengan konten-konten yang menarik serta original. Karena intisari dari konten tersebut murni dari pengetahuan anda dan andalah yang menulis sendiri.


A. Pertimbangan Apa Sajakah Dalam Memilih Niche



Sering sekali kita membaca berbagi macam blog yang memberi saran agar dalam memilih dan menentukan niche lebih cenderung berdasarkan minat, atau hobi disertai kemampuan untuk mendeskripsikan minat atau hobi tersebut. 
Tetapi ada juga blogger yang menulis artikel tentang niche pada blognya yang menyebutkan bahwa minat atau hobi tidak penting dalam memilih dan menentukan niche asalkan punya potensi yang besar dan mampu memahami apa yang ditulisnya. 
Agar anda benar-benar tidak salah jalan dalam menciptakan sebuah blog, yang pada akhirnya hanya kejenuhan yang anda dapatkan. Kumpulkanlah paling tidak 10 niche, dan pilihlah sesuai dengan kemampuan pengetahuan anda dalam menciptakan sebuah blog yang menarik dan original. Pertimbangkan hal-hal berikut ini :

1. Untuk blogger pemula sebaiknya mengikuti minatnya sendiri


Walaupun banyak blogger yang menampilkan konten-konten dengan topik yang sebenarnya sama sekali tidak mereka pahami, tetapi dalam kenyataannya blog mereka ternyata bisa menghasilkan puluhan bahkan hingga ratusan juta perbulan. Tetapi sebenarnya mereka pada mulanya juga seperti blogger kebanyakan, mengawali dengan membuat sebuah blog yang menampilkan konten-konten dengan topik yang sudah mereka pahami. 

Tetapi seiring dengan pengalaman dan pengetahuan tentang seluk-beluk Blogging, sehingga mereka lebih memilih niche yang sedang populer dengan mengembangkannya menjadi sebuah blog yang menarik banyak pengunjung. 

Sedangkan bagi pemula, dengan pengetahuan Blogging yang masih sangat minim akan sulit sekali mengembangkan sebuah topik yang sama sekali tidak mereka pahami. Tidak tahu cara membuat konten yang menarik apalagi original, sehingga bila dipaksakan pun percuma karena ujung-ujungnya hanya akan berhenti di tengah jalan dan sia-sia saja mereka memaksakan membuat blog dengan topik yang populer, tetapi sama sekali tidak memahami topik tersebut. 

Menjadi seorang blogger yang populer dengan blognya yang terkenal, hingga menjadi referensi banyak blogger, itu tidak mudah. Harus penuh perjuangan, kerja keras, penuh dedikasi dengan banyak menulis kontan yang berkualitas dan bermanfaat bagi khalayak ramai. 

Kalau seorang blogger berusaha mengembangkan topik yang sama sekali tidak mereka kuasai dan  tidak ada hubungannya sesuatu yang mereka minati, maka pasti akan cepat bosan, bahkan hanya kejenuhan dan kejenuhan saja yang mereka dapatkan tanpa bisa membuat konten yang berkualitas apalagi original.

Lah makanya dari itu, bagi seorang blogger pemula lebih baik membuat blog tentang sesuatu yang mereka minati, atau sesuai hobi mereka, sehingga dengan niche yang sesuai minat dan hobi akan lebih mudah untuk membuat konten yang berkualitas dan original sambil mempelajari dua hal sekaligus, yaitu belajar Blogging dan belajar mengembangkan niche yang sudah dipilihnya. 

Belajar sesuatu yang tidak kita minati, kalau tidak benar-benar karena ingin mempelajarinya itu akan sulit bagi kita mencerna isi dari apa yang kita pelajari. 

Perlu diingat bahwa dunia Blogging itu kebanyakan isinya adalah orang-orang yang benar-benar antusias terhadap nichenya masing-masing. Sehingga lebih mudah untuk menciptakan konten yang berkualitas dan original sehingga tidak takut bersaing dengan blogger lain dengan niche yang sama dan di halaman utama mesin pencari.

Jika anda belum bisa menemukan niche untuk blog anda, sekarang abaikan saja potensi yang anda miliki yang mungkin bisa mendatangkan keuntungan. Abaikan dulu kemampuan anda dan buatlah 10 hal yang mungkin bisa memancing minat atau kesukaan anda. 

Misalnya saja tentang rutinitas keseharian anda selama ini, seperti ; 

Apa kegiatan yang paling anda tunggu-tunggu (ulang tahun, menanti momongan, menunggu panen, menunggu bulan ramadhan dan yang lainnnya).

Apa kegiatan yang membuat anda tidak merasa bosan (olahraga, berdagang, bertani, memancing, berteriak main game, menggambar dan lainnya).

Apa hal yang selalu muncul dalam kehidupan anda beberapa tahun belakangan ini (kesuksesan, kegagalan, kenaikan pangkat, dapat pemasukan dari mana-mana, dan lainnya)

Perkumpulan apa yang sedang anda ikuti karena menjadi anggota didalamnya (klub, forum, kelompok, organisasi, atau partai). 

Sekali lagi buatlah niche sebanyak-banyaknya, jangan pikirkan dulu kemampuan dan potensi penghasilan, bahkan sampai anda tidak lagi menemukan lagi niche lainnya. 

Dan berikutnya baru anda menganalisa lagi manakah niche yang cocok dengan kemampuan dan pengetahuan anda.

2. Kembangkan kemampuan dan pengetahuan relatif anda tentang niche tersebut


Saat menjadi blogger dengan kemampuan yang bagus dalam mengembangkan niche menjadi artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat, maka bukan tidak mungkin blog anda menjadi pusat perhatian karena pengetahuan anda yang luas tentang niche yang dibahas dalam blog anda. Orang-orang akan berdatangan mengunjungi blog anda karena ingin mempelajari niche yang dibahas dalam blog anda. Dan andapun sudah siap menjadi narasumber jika pembaca membuat pertanyaan sekitar niche yang dibahas. 

Bayangkan seandainya anda tidak lebih pintar atau lebih ahli dari pada pengunjung yang ingin belajar dari blog anda, lalu bagaimana caranya anda mengajarinya dan menjawab setiap pertanyaan pembaca?

Dengan pengetahuan yang anda miliki tentang niche tersebut, maka anda bisa lebih mudah untuk mengajarkan setiap hal yang berhubungan dengan blog anda. Walaupun pengetahuan anda mungkin sangat relatif sederhana. Tetapi paling tidak anda lebih unggul dari mereka yang memang awam pengetahuan tentang pokok bahasan blog anda.

Jadi salah satu untuk memilih dan menentukan niche untuk blog anda adalah dengan melihat dan mengikuti kemampuan anda sendiri. Dan nantinya anda juga akan banyak belajar dan mengasah pengetahuan tentang hal lainnya, yang mungkin sama sekali tidak ada hubungannya dengan minat anda. Setelah anda mempunyai blog sendiri yang sesuai dengan minat anda, bisa saja anda akan membuat blog dengan niche yang sedang populer yang sama sekali jauh dari minat anda.

3. Melihat trend yang sedang populer


Ingat kata-kata " siap cepat dia dapat" walapun seperti kata-kata biasa bahkan sering hanya dijadikan bahan candaan, sebenarnya kata-kata tersebut sangat dalam artinya kalau kita mampu memahami.

Sebenarnya kalau anda jeli tentang sesuatu yang sedang naik daun maupun yang akan populer di pasaran karena lagi dicari dan dibutuhkan beritanya oleh banyak orang, bisa anda jadikan sebagai niche. Apalagi anda juga mempunyai minat terhadap hal tersebut, anda akan termotivasi untuk mengejarnya. Siapa yang paling dulu mengerti biasanya akan menjadi potensi yang besar untuk unggul dan menjadi sukses.

Misalnya saja pada waktu awal ditemukannya cara diet model paleo dan gluten-free yang lansung menjadi populer, banyak blog dengan niche yang sama dan membahas keduanya.
Atau seperti pada tahun 2013-2014 sebuah mainan yang  bisa terbang seperti pesawat yang dinamakan quadcopter atau drone sedang populer, maka saat itu juga banyak bermunculan blog-blog baru yang bermunculan dengan topik yang sama, bahkan diantaranya berkembang menjadi blog yang populer dan sukses sampai sekarang dengan meraup penghasilan yang besar dari blognya tersebut.

Nah sekarang coba perhatikan trend yang sedang populer disekitar anda. Tetapi perlu diingat bahwa trend itu sifatnya bukan sesaat ketika waktu popularitasnya habis lalu menghilang begitu saja, atau orang bilang trend musiman.

Trend yang bagus mempunyai popularitas dengan umur yang panjang, atau masa populernya lama, karena memiliki alasan kuat mengapa jadi populer, bukan karena disengaja dibikin jadi heboh seperti artis dadakan.

Dan tugas anda adalah cari beberapa trend yang memang selalu dicari oleh hampir semua pembaca, dan ikuti perkembangannya. Kemudian pelajari dari awal sampai anda benar-benar menikmatinya mengikuti trend tersebut. Kemudian jadikan salah satu yang anda kuasai menjadi niche dalam pokok bahasan blog anda.

4. Pekerjaan atau bisnis yang sedang anda jalankan


Orang membuat blog pada dasarnya tujuannya hanya dua yaitu ;
Ingin menjadikan blognya sebagai bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Walaupun banyak diantaranya hanya coba-coba, dan karena tidak adanya pengetahuan tentang blog serta tidak mau kerja keras untuk mempopulerkan blognya akhirnya terbengkalai begitu saja dan mati ditengah jalan.

Atau menjadikan blognya sebagai sarana untuk perkembangan bisnisnya agar terus maju, ini untuk orang yang memang sudah mempunyai pekerjaan atau bisnis yang ditekuninya.

Bahkan mungkin ada tujuan lain dari dua tujuan dasar tersebut, mungkin membuat blog hanya sekedar mengeluarkan isi hati dengan menulis tanpa tujuan yang pasti.


B. Menentukan Niche Terbaik Untuk Anda Kembangkan




Dengan mengumpulkan beberap niche, maka mulailah memilih dan menyaring niche yang tidak terlalu bagus, supaya nanti lebih mudah mengambil beberapa niche terbaik menurut anda.
Setelah anda mempunyai beberapa niche untuk diperhitungkan, saatnya anda menentukan niche yang terbaik menurut anda, karena tidak mungkin anda memakai semua niche tersebut. Ambillah keputusan dengan memperhitungkan dengan angka-angka untuk menghasilkan niche terbaik.
Bandingkan beberapa niche tadi menurut beberapa faktor berikut ini :

1. Seberapa anda antusias dengan salah satu niche tersebut


Sesuatu yang kita minati belum tentu membuat kita antusias untuk menerangkan dengan menulisnya menjadi sebuah atau beberapa artikel  dan membuatnya menjadi sebuah blog.
Meskipun anda tertarik dengan suatu niche, tetapi belum tentu anda mau menulis dan mendeskripsikan menjadi sebuah artikel yang terus berkembang tentang niche tersebut.

2. Bisakah niche tersebut menjadi peluang bisnis anda


Kebanyakan orang membuat blog karena mereka ingin mendapatkan penghasilan dari blog tersebut tanpa pengetahuan yang mumpuni. Padahal tidak semua blog bisa menghasilkan pundi-pundi uang, apalagi bila niche yang dibahas sama sekali tidak mengena dan tidak dibutuhkan pada kebanyakan orang, sehingga blok sama sekali tanpa pengunjung.

Walaupun belum tentu blog dengan pengunjung banyak potensi penghasilan banyak, karena ada juga blog dengan pengunjung sedikit ternyata berpotensi penghasilannya justru malah banyak.
Itu terjadi karena blog yang pengunjungnya sedikit ternyata lebih dipercaya dan intisarinya juga mudah mengena hati para pengunjung, sehingga apa yang ditawarkan dalam blog tersebut langsung ditanggapi dengan serius oleh pengunjung.

Jadi jumlah pengunjung bukan satu-satunya indikator bagus tidaknya niche yang dibahas. Tetapi paling tidak anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

Ketika anda menulis artikel dengan niche yang terkait itu sebenarnya bisa membantu kehidupan seseorang, sehingga orang mau mengeluarkan uangnya karena tawaran dari blog anda atau hanya sekedar tulisan tanpa mempunyai makna yang berarti sehingga tidak mempunyai manfaat bagi orang.

Atau ketika anda menulis artikel tersebut berhubungan dengan sebuah produk, jasa, atau event dan sudah ada yang berhasil atau hanya sekedar promosi biasa tanpa kejelasan yang pasti.

Anggapan orang bahwa membuat blog tentang bisnis dengan tanpa saingan akan menguntungkan itu salah besar. Justru sebaliknya, blog  atau bisnis dengan banyak saingan itu berarti memang benar-benar dapat menguntungkan, terutama mereka yang mampu membuat artikel yang berkualitas dan banyak diminati dari bisnis tersebut. Tidak ada yang bersaing berarti tidak ada yang menguntungkan karena tidak ada yang membutuhkan.

3. Banyak ruang lingkup dari niche tersebut yang dibahas


Usahakan agar memilih niche yang memang jangkauannya luas sehingga akan banyak sekali ruang lingkup dari niche tersebut yang mudah dibahas, sehingga blog tersebut juga mudah untuk berkembang. Dan hindarilah memilih niche yang ruang lingkupnya sangat sempit yang akan mempersulit perkembangan blog anda.

Untuk setiap niche yang anda pilih, buatlah beberapa artikel dengan judul yang berbeda dan intisarinya juga berbeda tetapi masih dalam satu topik yang dibahas. Seandainya anda kesulitan untuk mengembangkannya, berarti anda belum paham tentang niche tersebut. 

Bisa juga karena sebenarnya minat anda terhadap niche tersebut sangatlah kecil sehingga seolah-olah ruang lingkupnya sangatlah sempit. Jika nichenya terlalu sempit dan sedikit sekali yang dibahas, maka itu akan buang-buang waktu anda, karena potensi penghasilannya juga sangatlah kecil.

Sehingga apa yang telah anda kerjakan menjadi sia-sia dengan niche yang sulit dikembangkan, dan hanya kejenuhan yang akan anda rasakan, karena tidak bisa lagi membahas sisi-sisi yang lain dari niche tersebut.

4. Tentukan keputusan untuk mengambil niche terbaik anda


Jika anda akan menentukan niche terbaik menurut anda dari beberapa niche yang dipilih
Ambil kriteria dari beberapa niche tersebut menurut bobotnya masing-masing sesuai dengan kemampuan anda dalam memahaminya. Jika anda sudah mengetahui dengan jelas niche mana yang cocok menurut anda sesuai dengan minat, kemampuan dan potensi anda, Kemudian ambil keputusan untuk memilih niche yang tepat.


C. Diferensiasi Niche Harus Anda Kerjakan



Diferensiasi adalah sebuah strategi atau metode yang telah anda gunakan sebagai alat untuk perkembangan bisnis anda lebih berkualitas dan unggul dari pada pesaing lain dan menjadikan bisnis anda berbeda dan pada akhirnya akan lebih banyak lagi menarik minat kustomer. Sehingga tujuan dari diferensiasi jelas sekali agar banyak kustomer mempunyai alasan kuat kenapa lebih memilih anda bukan yang lain.

Karena blog juga bisa termasuk bagian dari bisnis, maka prinsip atau metode diatas juga berlaku. Bahkan diferensiasi mungkin jauh lebih penting daripada memilih niche itu sendiri.
Pepatah mengatakan "dimana ada gula disitu ada semut" dimana ada bisnis yang menguntungkan disitulah akan ada banyak persaingan. Setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Dan jika tidak ada kompetisi maka tidak akan banyak orang yang berkunjung. 

Tanpa adanya kompetisi dan anda ingin menjadi yang terbaik, maka itu bukan diferensiasi. Karena tidak ada yang membedakan anda dengan orang lain, padahal sejatinya semua bisnis atau blog pasti ingin menjadi yang terbaik.


D. Mengerti dan memahami niche yang telah anda pilih



Setelah mengerti dan memahami niche yang terbaik yang telah anda pilih dan anda tentukan, maka selanjutnya anda juga harus memahami faktor-faktor berikut ini. Karena faktor ini sangat mempengaruhi berkembangnya bisnis atau blog yang anda buat, apalagi untuk pemula.

Perhatikan faktor-faktor berikut ini :

1. Tujuan blog anda


Walaupun banyak sekali penyedia jasa pembuatan blog, yang membuat blog dari yang sederhana sampai yang paling istimewa, tetap kesemuanya mempunyai tujuan. Dan sekarang yang paling penting adalah tujuan utama anda membuat blog dengan niche yang telah anda tentukan.

Misalnya saja ;

Sebagai media iklan untuk memperkenalkan sesuatu seperti produk anda.

Sebagai media penghasil uang, dengan menjual sesuatu melalui blog anda atau mengikuti program penghasil  seperti google adsense dan lainnya.

Sebagai media untuk berbagi pengalaman atau keahlian, seperti ilmu komputer, pertanian, atau ilmu tentang Blogging dengan mendokumentasikan ilmunya agar bisa dipelajari oleh orang lain.

Sebagai media untuk menuangkan pengalaman pribadi atau hobi, seperti catatan harian atau pengalaman yang berbeda dan terbilang aneh dan ekstrim.

Sebagai media penyedia jasa atau informasi tertentu, seperti jasa download, menyediakan data-data tertentu, atau informasi seputar dunia komputer dan lain sebagainya.

2. Tentukan siapa pembaca blog anda


Perhatikan hal-hal yang mempengaruhi pembaca blog anda, apakah mereka terbantu setelah membacanya. Sama seperti ilmu marketing, sebelum meluncurkan sebuah produk tentukan dulu siapa pembelinya. Kebutuhan produk melalui informasi juga mempengaruhi siapa sajakah konsumen tersebut. Apakah pembaca atau konsumen anda orang-orang berkelas, apakah ibu-ibu, atau bapak-bapak. Kebutuhan informasi yang berbeda juga disebabkan oleh faktor usia, jenis kelamin maupun golongan.

3.Pikirkanlah kenapa mereka peduli dengan blog anda


Setelah membahas beberapa hal diatas, maka tahap selanjutnya sudah kelihatan bahwa niche yang kita pilih sudah mulai spesifik dan sehingga nantinya akan tepat sasaran. Dalam tahap ini kita akan mencari apa yang membuat kita jadi berbeda dan lebih berkualitas dari blog lain, konten-konten yang kita tulis harus menarik dan mudah dipahami sehingga banyak konsumen atau pembaca akan lebih mudah untuk mengambil intisarinya. Maka kitapun harus peduli kepada mereka dengan menampilkan ciri khas, karena banyak blog yang nichenya sama dengan blog kita. Sehingga dengan ciri khas inilah yang menjadikan sesorang lebih memilih untuk membaca blog anda daripada blog orang lain.

4. Jelaskan kenapa blog anda yang paling tepat untuk mereka


Kredibilitas sebuah blog tergantung dari kredibilitas pemiliknya. Jika anda menginginkan menjadi blogger yang mempunyai kredibilitas, maka anda harus menjelaskan kenapa blog andalah yang paling tepat untuk dibaca oleh mereka yang membutuhkannya.

Mengutamakan kualitas harus benar-benar dilakukan oleh seorang blogger. Maka sebagai seorang blogger, anda harus bekerja sebaik mungkin agar mendapatkan karya terbaik pula. Pastikan bahwa tulisan yang anda unggah adalah tulisan yang berkualitas baik dari segi konten, tata bahasa, gambar dan fotografinya, bahkan alur pembicaraannya.

Karena tulisan-tulisan yang berkualitas pasti akan disukai pembaca, sehingga mereka tidak jenuh. Dan bila ada postingan baru pun mereka akan datang kembali untuk membacanya. Dengan tulisan yang berkualitas secara perlahan juga akan meningkatkan angka kunjungan blog anda. Dan hal ini dapat menjadi data statistik yang nantinya dapat kita tawarkan kepada klien agar nantinya mereka juga membutuhkan blog anda.

Selain berkualitas, tulisan blog anda juga harus mempunyai keunikan tersendiri dan bisa berasal dari pengalaman pribadi. Untuk menghasilkan karya yang unik tidak harus mahal. Karena hal-hal sederhana disekitar kita bahkan bisa menjadi tulisan yang unik dan original, bila mampu bercerita dan memaparkannya dengan sedetil mungkin dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan keunikan juga bisa menarik pihak lain untuk bekerja sama dengan kita.

5. Gabungkan semua menjadi ciri khas blog anda


Setelah memahami faktor-faktor tersebut diatas, maka tahap yang terakhir adalah menggabungkan semuanya dalam satu kalimat yang mencerminkan blog anda sesuai dengan niche yang terakhir anda pilih. Buatlah ciri khas blog tersebut dengan keunikan yang anda punyai. Selalu pegang prinsip yang anda tulis dalam kalimat tersebut sesuai dengan niche yang telah anda temukan ketika membuat konten baru dan memperkenalkan serta mempromosikan blog anda. Jangan pernah keluar dari prinsip yang telah anda buat.


Demikianlah cara mencari dan menentukan niche untuk blogger pemula. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di artikel terbaru selanjutnya.

No comments:

Post a Comment