Friday, July 29, 2016

Cara Mengembangkan Sebuah Topik Menjadi Artikel Yang Menarik


Setelah menemukan sebuah topik yang sesuai, dan agar bisa dikemas menjadi sebuah artikel yang menarik, tentu kita juga harus bisa mengembangkan topik tersebut dengan cara mempersiapkan dan merencanakan kerangka artikel.


Pengertian dan contoh kerangka artikel blog serta cara membuatnya


Kerangka atau outline adalah :
suatu rencana yang memuat garis-garis besar dari suatu susunan yang akan dibuat dan berisi rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur dari topik yang kita kembangkan di  dalam blog yang akan kita bikin.

Sedangkan artikel blog adalah :
Sebuah karya tulis yang dibuat didalam blog untuk menyampaikan suatu gagasan kepada pembaca.

Jadi kerangka artikel blog dalah:
Suatu rencana atau rancangan yang memuat garis besar atau ide suatu kaya tulis yang disusun dengan sistematis dan terstruktur di dalam blog

Fungsi atau manfaat kerangka Artikel blog


1. Untuk memudahkan penulisan dengan urutan yang terencana sebuah artikel agar menjadi lebih sistematis dan rapih.

2. Untuk mencegah penulis keluar dari ide awal yang akan dibahas dalam suatu artikel yang akan digarap.

3. Untuk mencegah penulis membahas suatu ide atau topik bahasan yang sudah dibahas sebelumnya.

4. Untuk memudahkan penulis mencari informasi pendukung suatu artikel yang berupa data atau fakta.

5. Untuk membantu penulis mengembangkan ide-ide yang akan ditulis di dalam suatu artikel agar artikel tersebut menjadi lebih variatif dan menarik.

Cara Membuat Kerangka Artikel Blog


Adapun cara membuat kerangka suatu artikel blog adalah sebagai berikut:

1. Merumuskan tema dan menetukan judul suatu artikel blog
Sebelum membuat artikel blog.

tentukanlah dahulu tema artikel yang akan dibuat. Tema ini yang akan mempengaruhi seluruh isi dari artikel yang akan dibuat. Pilihlah tema-tema yang sedang hangat atau tema yang menjadi kesenangan Anda. Hal ini akan sangat membatu untuk mengembangkan artikel.
Setelah mendaptkan tema, tentukan juga judul artikel yang akan dibuat. Usahakan membuat judul yang spesifik dan menarik pembaca untuk membaca karangan tersebut.

2. Mengumpulkan bahan

Setelah mendapatkan tema, yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan pendukung yang berupa topik-topik yang berhubungan dengan tema untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel. Topik-topik tersebut antara lain, pengertian, tujuan, jenis, contoh, dan lain-lain.  Catatlah semua topik yang terlintas di dalam pikiran untuk memudahkan penseleksian bahan atau topik.

3. Menyeleksi bahan

Setelah mendapatkan topik, seleksilah topik-topik tersebut yang sesuai dengan tema artikel dan penting. Hindari membahas topik-topik yang tidak penting untuk di bahas.

4. Mengembangkan kerangka artikel

Jika sudah mendapatkan tema, judul dan topik, buatlah artikel yang utuh dengan cara mengembangkan kerangka artikel yang telah dibuat. Perluas topik-topik yang telah ditentukan pada kerangka dan usahakan jangan membahas topik yang tidak ada di dalam kerangka artikel.

Contoh kerangka artikel

1. Tema    : Kesehatan
    Judul    : Manfaat Gizi Bagi Kesehatan

2. Definisi
   1 Pengertian gizi

3. Dampak kekurangan gizi
   1 mengganggu konsentrasi
   2 Penurunan berat badan
   3 Konsentrasi menurun
   4 Mudah terkena infeksi

4. Manfaat gizi
   1 Untuk kelangsungan hidup
   2 Mengatur metabolisme tubuh
   3 Untuk pertumbuhan
   4 Meningkatkan konsentrasi
   5 Meningkatkan daya tahan tubuh
   6 Meningkatkan energi

5. Tips agar memperoleh gizi cukup
   1 komsumsi 4 sehat 5 sempurna
   2 Makan lebih sering
   3 Ubah ukuran piring makan
   4 Makanan berserat
   5 konsumsi ikan
   6 Minum yang cukup
   7 Konsumsi suplemen

Contoh Pengembangan Kerangka artikel

Manfaat Gizi Bagi Kesehatan

Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan. Dimasa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan seimbang.
Ada beberapa dampak buruk yang disebabkan jika kita tidak mendapatkan cukup gizi. 

Dampak-dampak tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, diantaranya adalah kurang gizi dapat menggangu konsenterasi.

Hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami kekurangan zat-zat yang mengandung gizi, sehingga memacu menurunnya daya tahan tubuh dan mempengaruhi tubuh menjadi lemas .
Hilangnya konsentrasi ini sangat berbahaya, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan bermotor.

Dampak lainnya yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.Gampang lelah.Depresi.Tidak mampu menjalankan tugas yang biasa dikerjakan.Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh.Proses penyembuhan luka lambat.Mudah kedinginan.Perubahan mood atau suasana hati.Kehilangan selera makan.Mudah terjatuh karena otot melemah.

Agar terhindar dari dampak-dampak tersebut, usahkanlah untuk selalu mendapatkan gizi yang cukup, karena tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang baik, diantaranya adalah dengan gizi yang cukup, tubuh akan berkonsentarsi dengan baik karena otak mendapatkan asupan gizi yang cukup.
Manfaat  Gizi tentu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Gizi ini bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.  Gizi berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mendukung pertumbuhan manusia, dan berperan aktif dalam mekanisme pertahanan terhadap pengaruh lingkungan disekitar.

Selain itu, gizi yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang.

Yang terakhir adalah tubuh akan mendapatkan energy yang banyak untuk melakukan aktifitas di hari esok.
Demikianlah manfaat dari gizi yang cukup.

Agar mendapatkan manfaat-manfaat gizi di atas.
Usahakan untuk mendapatkan gizi yang cukup, kareana gizi yang cukup merupakan kombinasi yang baik.

Berikut ini adalah tips-tips untuk mendapatkan gizi yang cukup.
Empat Sehat Lima Sempurna, kalimat singkat yang ditanamkan sejak kecil sebagai pengingat bahwa tubuh memerlukan asupan gizi yang tepat dan seimbang agar tubuh berada dalam kondisi prima. Makanan bergizi seimbang ini juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengontrol berat badan sekaligus memenuhi asupan gizi tubuh Anda.

Nah, untuk meningkatkan gizi seimbang Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini, yaitu:

Perhatikan porsi makan Anda. Makanlah dengan porsi sedikit tetapi dengan intensitas yang lebih sering sehingga Anda selalu merasa kenyang. Hal ini juga membantu Anda mengelola berat badan.

Kendalikan nafsu makan dan gunakan piring makan yang lebih kecil agar porsi makan menjadi lebih sedikit dan proporsional. Hal ini akan membuat pencernaan Anda menyerap nutrisi yang benar-benar dibutuhkan tubuh, tidak lebih dan juga tidak kurang.

Konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, gandum dan sereal untuk memenuhi kebutuhan serat sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

Konsumsi ikan minimal 3 kali seminggu seperti: salmon, nila, atau lele. Salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya jantung dan otak.

Minum satu atau dua gelas air sebelum makan untuk membantu mengisi kekosongan perut sekaligus membuat porsi makan Anda berkurang. Hal ini sangat baik untuk mengelola dan menurunkan berat badan.

Suplemen adalah pilihan tepat sebagai tambahan untuk melengkapi menu makanan Anda. Cobalah untuk mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang mengandung folat, vitamin D, kalsium, dan magnesium untuk kesehatan dan vitalitas tubuh secara menyeluruh. Bagi para vegetarian, bisa mengganti daging dengan konsumsi suplemen Omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Demikianlah cara mengembangkan sebuah topik menjadi artikel yang menarik yang memang sangat mudah untuk dipahami oleh pembaca semua, semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment